Batik Tasikmalaya

Kalau kita berbicara mengenai dengan batik pasti identik dengan orang Jawa Tengan dan sekitarnya.Tapi jangan salah kota Tasikmalaya juga mempunyai keahlian dalam membuat perbatikan.Hanya saja ada perbedaan dari beberapa corak dan warna batik itu sendiri.
Bahkan pada masanya, kejayaan batik Tasik telah membuat kota ini dijuluki pusat industri batik di selatan Jawa Barat. Seakan ingin mengulangi kejayaannya di masa silam. Orang Tasik kini bangkit mengangkat kembali batik Tasik sebagai produk komoditi unggulan. Motifnya memang khas, sehinga layak dikenakan sebagai busana yang membuat siapapun yang mengenakannya tampil simpatik.
Batik Tasik dikerjakan dalam dua bentuk yakni dengan teknik cetak dan teknik tulis (handmade). Untuk yang batik tulis, nilainya cukup tinggi sehingga mampu menjadi cinderamata yang prestise. Aktual Warna dasar kain merah, kuning, ungu, biru, hijau, orange dan soga. Dan warnanya cerah namun tetap klasik dengan dominasi biru. Batik Sukapura berciri khas warna merah, hitam dan coklat. Motifnya kental dengan nuansa Parahyangan seperti bunga anggrek dan burung. Selain itu ada juga motif Merak ngibing, Cala-culu, Pisang Bali, Sapujagat, Awi Ngarambat. Batik Tasik memiliki kekhususan tersendiri yaitu bermotif alam, flora dan fauna. Batik Tasik hampir sama dengan Batik Garut hanya berbeda dari warna, Batik Tasik lebih terang warnanya.Pusat pengrajin batik Tasik berada di Jalan Cigeureung Kota Tasikmalaya,jalur ini sangat mudah dicari karena berada di pusat kota Tasikmalaya.Jadi untuk anda yang khususnya dari luar kota ingin mencari batik Tasik,bisa langsung mendapatkannya di Jalan Cigeureung.Disana anda akan menemukan outlet outlet penjual batik dan pabriknya.Anda bisa menggunakan jalur RE Marthadinata dan sesampainya di perempatan Mitrabatik tepatnya di Yogya Toserba,anda tinggal berbelok ke kanan jika anda dari arah Jakarta.

Batik Tasikmalaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin